TIM PENGGERAK PKK

DESA BENDOSARI

KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR

 

LATARBELAKANG

Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga(PKK) sebagai wadah kegiatan wanita mempunyai peranan dalam membantu program pemerintah melalui gerakannya  yang bertujuan mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, maju dan mandiri. PKK mempunyai peran yang sangat strategis dalam memberdayakan keluarga terutama perempuan sebagai motor penggeraknya.Para kader PKK menjadi ujung tombak untuk mensukseskan terwujudnya program pemerintah dengan  tiga pilar yaitu pendidikan, kesehatan dan perekonomian yang semuanya tercantum dalam sepuluh program PKK.

Peran keluarga sangat strategis dalam menciptakan masyarakat yang maju. Dan untuk mencapai hal itu diperlukan komitmen yang sangat tinggi. Gerakan PKK telah mampu mewujudkan perannya sebagai motivator dan dinamisator masyarakat yang telah diakui kiprahnya bahkan keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat.

Organisasi ini telah diakui oleh masyarakat, bahkan pada tahun 2007 mendapat penghargaan dari beberapa lembaga internasional (WHO, Unicef, Unesco, dan sebagainya) karena melalui 10 program pokoknya PKK telah mampu melibatkan wanita dan pria dalam upaya mewujudkan keluarga yang sejahtera, maju dan mandiri.

PKK pada awalnya diarahkan untuk mendorong kemajuan wanita agar dapat memainkan peran gandanya secara baik, yaitu sebagai pengelola keluarga, pencari nafkah dan pelaku pembangunan. Akan tetapi sesuai dengan perkembangannya, program pemberdayaan wanita kemudian diarahkan untuk mewujudkan kemitrasejajaran antara pria dan wanita dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan demikian sasarannya ditujukan untuk mengembangkan dan mengangkat berbagai potensi yang ada pada diri wanita yang memungkinkan dirinya dapat memanfaatkan hak dan kesempatan yang sama terhadap sumber pembangunan.

Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan dalam mendukung program-program pemerintah. Dari keluarga yang sejahtera ini, maka tata kehidupan berbangsa dan bernegara akan dapat melahirkan ketentraman, keamanan, keharmonisan, dan kedamaian. Dengan demikian, kesejahteraan keluarga menjadi salah satu tolak ukur dan barometer dalam pembangunan dengan program-program pemerintah.

PKK menjadi gerakan untuk membantu dan mendukung program-program pemerintah dengan mendata beberapa aspek yang diperlukan seperti data warga, ibu hamil, bayi, dan balita, kelahiran, kematian, sampai kegiatan masyarakat. PKK yang merekrut anggota sampai lapisan bawah dengan cara mengajak ibu rumah tangga yang ingin bergabung dan menjadi pengurus Organisasi PKK. Masyarakat diharapkan mampu membawa pada kondisi keluarga yang sejahtera, yaitu keluarga yang mampu memenuhi kebutuhan dasar manusia baik secara material, sosial, mental dan spiritual serta keluarga yang berdaya yaitu keluarga yang hidup sejahtera, maju dan mandiri.

Melalui PKK diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan wanita. Pemberdayaan wanita merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan dan peran agar dapat melaksanakan fungsi dan peran sebagai wanita. Selain itu, PKK diharapkan mampu membebaskan wanita dari belenggu budaya patriarkhi, sehingga memiliki kemandirian. Melalui PKK diharapkan harkat dan martabat wanita sebagai bagian dari keluarga dapat ditingkatkan.

PKK merupakan sebuah gerakan yang tumbuh dari bawah dengan perempuan sebagai penggerak dan dinamisatornya dalam membangun, membina, dan membentuk keluarga guna mewujudkan kesejahteraan keluarga sebagai unit kelompok terkecil dalam masyarakat.

Gerakan PKK adalah gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang bertujuan untuk dapat mewujudkan keluarga-keluarga yang sehat, sejahtera, maju, produktif dan mandiri.

Gerakan PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang mekanismenya dikelola dan dilaksanakan secara berjenjang, dari tingkat terbawah mulai dari RT, RW, Dusun, Desa, hingga pusat. PKK menjadi gerakan untuk mendata beberapa aspek yang diperlukan seperti data warga, ibu hamil, bayi, dan balita, kelahiran, kematian, sampai kegiatan masyarakat. PKK juga harus menembus pemahaman agama yang kurang tepat, tentang pelarangan penggunaan alat kontrasepsi termasuk mereka harus memberikan penjelasan yang utuh tentang manfaat program KB kepada masyarakat yang rata-rata berpendidikan rendah, mereka membantu korban kekerasan perempuan dalam rumah tangga dan masyarakat.

Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan. Dari keluarga yang sejahtera ini, maka tata kehidupan berbangsa dan bernegara akan dapat melahirkan ketentraman, keamanan, keharmonisan, dan kedamaian. Dengan demikian, kesejahteraan keluarga menjadi salah satu tolok ukur dan barometer dalam pembangunan. Oleh karena itu, sesuai amanat Permendagri Nomor 18 Tahun 2018, PKK merupakan salah satu Lembaga Kemasyarakatan Desa dan merupakan mitra pemerintah dan organisasi kemasyarakatan.

Program kerja PKK berorientaasi pada praktis, artinya PKK bergerak pada aksi-aksi nyata memberdayakan dan memihakkaumperempuan. Dan lebih dari itu, PKK mempunyai andil besar dalam mensukseskan lomba desa.

Jadi PKK adalah suatu gerakan pembangunan yang tumbuh dari bawah, dikelola oleh, dari dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang sejahtera. PKK adalah lembaga sosial kemasyarakatan yang independen nonprofit dan tidak berafiliasi kepada suatu partai politik tertentu.

PKK mempunyai peran untuk membantu pemerintah Desa dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Selain itu, peran PKK sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khususnya keluarga, pembina, motivator, serta penggerak prakarsa, gotongroyong dan swadaya perempuan dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif.

Keberhasilan Gerakan PKK ini juga tidak dapat dipungkiri dikarenakan sebagian besar pengurus dan kadernya adalah perempuan yang secara tradisional dimasyarakat Indonesia memiliki tugas dan tanggungjawab yang lebih besar dalam melakukan upaya meningkatan dan mengembangkan kemampuan dan kepribadian. Jika dicermati, kegiatan Gerakan PKK senantiasa menekankan prinsip pemberdayan dan partisipasi masyarakat melalui pemberdayaan keluarga dengan membudayakan PKK sesuai dengan eksistensinya yang tercantum dalam 10 program pokoknya,yaitu:

1.Penghayatan dan pengamalan Pancasila,

2.Gotong royong,

3.Pangan,

4.Sandang,

5.Perumahan dan tatalaksana rumah tangga,

6.Pendidikan dan ketrampilan,

7.Kesehatan,

8.Mengembangkan kehidupan berkoperasi,

9.Kelestarian lingkungan hidup,

10.Perencanaan yang sehat,

 

Keberadaan PKK memiiki peran penting dalam mendorong pembangunan, yaitu dengan berkoordinasi dan bekerjasama dengan kepala desa termasuk aparatur pemerintah desa dalam mengupayakan percepatan pembangunan di desa. Ujung tombak pembangunan dimulai dari tingkat desa. Tentu saja para pemimpin di tingkat desa, seperti kepala desa, ketua tim penggerak PKK dan sejumah pihak terkait lainnya memiliki peranan penting yang diharapkan bisa menggerakkan pemberdayaan masyarakat, sehingga pada akhirnya bisa lebih maksimal dalam merealisasikan pembangunan di tingkat desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *